Contoh Laporan Kegiatan Industri
LAPORAN
KEGIATAN
STUDY
EXCURSION SMK KRIAN 2
TAHUN
2020
KUNJUNGAN
INDUSTRI DI PT. SINAR SOSRO
DAN
PT. YAKULT INDONESIA PERSADA
(Laporan
Ini Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Kenaikan Kelas)
Oleh
:
MUHAMMAD CHOIRUL HUDA
X
TSM 3 / 15
YAYASAN
PEMBANGUNAN PENDIDIKAN KRIAN SIDOARJO
SMK
KRIAN 2
TERAKREDITASI
A
2020
LAPORAN
KEGIATAN
STUDY
EXCURSION SMK KRIAN 2
KUNJUNGAN
INDUSTRI DI PT. SINAR SOSRO
DAN
PT. YAKYLT INDONESIA PERSADA
Oleh
:
MUHAMMAD CHOIRUL HUDA
X
TSM
3 / 15
YAYASAN
PEMBANGUNAN PENDIDIKAN KRIAN SIDOARJO
SMK
KRIAN 2
TERAKREDITASI
A
2020
Lembar
Pengesahan
Laporan
SMK
Krian 2 Study Excursion
Krian, 18 Januari 2020
Ketua Panitia
SMK Krian 2 Study Excursion
Ika Hesti Pratiwi, S.Pd.
|
Wali Kelas X TSM 3
Atik Setiowati, ST
|
Daftar
Isi
Halaman Judul ..............................................................................................
Halaman Pengesahan ....................................................................................
Daftar Isi .......................................................................................................
Bab
I : Pendahuluan
A. Latar
Belakang Kegiatan Kunjungan Industri ...........................
B. Tujuan
Kegiatan Kunjungan Industri
C. Manfaat
Kegiatan Kunjungan Industri
D. Waktu
dan Tempat
Bab II : Kegiatan
Kunjungan Industri
A. Perusahaan
1 ..........................................................
1. Profil
Perusahaan ..........................................................
2. Proses
Produksi .......................................................... .
3. Produk .......................................................... .
4. Pemasaran .......................................................... .
5. Hasil
Kegiatan .......................................................... .
B. Perusahaan
2 .......................................................... .
1. Profil
Perusahaan .......................................................... .
2. Proses
Produksi .......................................................... .
3. Produk .......................................................... .
4. Pemasaran .......................................................... .
5. Hasil
Kegiatan .......................................................... .
Bab III : Penutup ..........................................................................................
A. Kesimpulan
….......................................................... .
B. Saran
............................................................ .
Lampiran - Lampiran
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Latar belakang diadakan
kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat
mengetahui lebih jauh tentang cara kerja , mesin - mesin industri yang lebih
memadai, dll.
Siswa juga di harapkan tidak
menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar cara mendatangi industri
secara langsung, dan melihat urutan - urutan proses kerja di industri tersebut.
B.
Tujuan
Kegiatan Kunjungan Industri
Tujuan
kegiatan kunjungan industri adalah sebagai berikut :
1.
Mengenalkan kondisi terkini dunia kerja
kepada mahasiswa.
2.
Memberikan gambaran aplikasi langsung dari
berbagai mata kuliah
3.
Membandingkan teori yang didapat dikelas
dengan kondisi di dunia kerja
4.
Ajang berbagi informasi terkait
sertifikasi yang diperlukan di dunia kerja
5.
Dst.
C.
Manfaat
Kegiatan Kunjungan Industri
Adapun
beberapa manfaat kunjungan industri diantara lain :
1.
Kunjungan Industri Memperluas pengetahuan
Mahasiswa di Lingkungan dunia kerja ketenagalistrikan.
2.
Mengenalkan dunia kerja terbaru untuk
mahasiswa.
3.
Nikmati gambaran aplikasi langsung dari
berbagai mata kuliah
4.
Membandingkan teori yang diperoleh dikelas
dengan kondisi di dunia kerja
5.
Dst.
D.
Waktu
dan Tempat
Kegiatan Kunjungan industri ini
dilaksanakan pada :
1. Perusahaan
1 : PT.
SINAR SOSRO
Tanggal : 15 JANUARI
2020
Pukul : 10.00 WIB s.d 12.00 WIB
2. Perusahaan
2 : PT.
YAKULT INDONESIA PERSADA
Tanggal : 15 JANUARI 2020
Pukul : 15.00 WIB s.d 17.00 WIB
BAB
II
KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A. PT.
Sinar Sosro
1.
Profil
Perusahaan
PT.
Sinar Sosro adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minuman ringan,
terutama yang berbahan dasar teh. PT Sinar Sosro merupakan perusahaan minuman
teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia.[1]
Perusahaan ini memproduksi minuman teh dalam botol yang bernama Teh Botol, Joy
Green Tea, Fruit Tea, dll.
2.
Proses
Produksi
.Proses pembuatan proses teh botol Sosro, terdiri dari 5 tahapan,
yaitu:
1. Memilih
bahan
Bahan terdiri dari teh hijau, gula pasir, dan air.
Air yang didapat dari kedalaman 150 meter dan diproses menjadi air yang
berkualtas.
2. Membuat
teh cair pahit
Teh hijau dicampur dengan bunga melati. Air
disaring dan dipanaskan hingga mendidih. Lalu teh diseduh dengan air.
3. Membuat
teh cair manis
Setelah itu, gula dilarutkan sehingga membentuk
sirup gula dan dicampur ke tangka pencampuran bersama teh cair pahit sehingga
membentuk teh cair manis. Setelah itu the cair manis disterilkan dan dipanaskan
hingga suhu 900C.
4.
Pemisahan botol dan kotak kosong
Botol dipisahkan dari koyak kosong dengan
palletizer. Setelah itu botol dimasukan ke mesin pencucian botol dan kotak
kosong dimasukan ke dalam mesin pencuci kotak kosong. Di dalam mesin itu,
botol direndam dengan suhu 80-900C, lalu
95-1000C dan akhirnya dimasukan ke dalam mesin botol inspectin. Setelah itu
botol dibilas hingga bersih.
5. Mengisi
botol dan penyegelan
Setelah itu the dimasukkan ke dalam mesin filter
and crowner untuk siap dimasukan ke dalam botol secara langsung dan ditutup
sehingga udara luar tidak masuk.
6. Pergi
melalui jet printer video (tanggal kedaluarsa)
Di mesin printer video jet, botol tersebut dicetak
dengan kode produksi dan juga tanggal kadaluarsa.
7.
Menempatkan dalam kotak
Botol tersebut dimasukan ke dalam kotak kosong
dengan mesin palletizer dan dibiarkan selama 3 hari sebelum dijual
3. Produk
Saat
ini, produk-produk yang diproduksi oleh PT. Sinar Sosro adalah, Tehbotol Sosro,
Fruit Tea Sosro, S-Tee, Tebs, Country Choice dan Air Mineral Prim-A.
4.
Pemasaran
PT.
Sinar Sosro pada awalnya memperkenalkan minuman siap saji dalam kemasan botol,
Sosro memiliki target pasar yang jelas, dengan target orang yang sedang
melakukan perjalanan . Sosro memandang bahwa ketika orang sedang melakukan
perjalanan dan ia kehausan pasti membutuhkan sebuah penghilang dahaga yang
praktis dan mudah di dapat, berangkat dari pengalaman ketika melakukan promo,
tempat yang praktis dan aman untuk digunakan sebagai wadah teh adalah botol.
Sosro
juga memiliki keunggulan dan keunikan dalam pemasaran. sebelum sosro hadir, ada
sebuah perusahaan asing yang ingin mengeluarkan produk teh dalam botol sepert i
yang dilakukan sosro saat ini. Kala itu sang perusahaan menyewa jasa sebuah
biro riset pemasaran untuk menguji kelayakan dan prospek produk tersebut di Indonesia.
Setelah meneliti dan mengamati kebiasaan minum teh di masyarakat sang biro pun
menyimpulkan bahwa produk ini tidak memiliki prospek bagus untuk dipasarkan di
Indonesia. Biro itu beralasan bahwa budaya minum teh pada bangsa Indonesia
umumnya dilakukan pagi hari dalam cangkir dan disajikan hangat sehingga
kehadiran teh dalam kemasan botol justru akan dianggap sebuah keanehan.
5.
Hasil
kunjungan Industri
Dalam
produksinya dibagi menjadi 4 department, yaitu : Department Bottling,
Department Kitchen, Department Water Treatment, dan Department Boiller.
Departemen yang memiliki proses terpanjang adalah Department Bottling. Di
Department Bottling ini lebih fokus terhadap kualitas produk fisiknya.
Sedangkan
di Department Kitchen dan Water Treatment lebih fokus ke kualitas isi
produknya. Sisanya yaitu department boiller fokus terhadap penyediaan steam
untuk proses pemasakan.
Usaha
perbaikan lini produksi dilakukan secara terus-menerus dengan harapan dapat
meminimalisir produk cacat dan memperlancar jalannya proses produksi. Sistem
One Piece Flow, system andon dan otomasi hampir di setiap lini telah diterapkan
disini. Sistem andon bertujuan untuk meminimalisir produk cacat dan menganalisa
penyebab terjadinya breakdown atau kemacetan dalam lini produksi, sehingga
terdapat banyak sekali sensor dan lampu andon di lini produksinya yang
berfungsi untuk mengidentifikasi cacat produk dan member tanda adanya masalah
di mesin tersebut. PT. Sinar Sosro merupakan perusahaan yang sangat
memperhatikan kualitas produknya. Namun demikian cacat dan breakdown masih saja
terjadi.
B.
PT.yakult indonesia persada
1.
Profil
Perusahaan
PT.Yakult
merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu
fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik Yakult
mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991 dengan menggunakan dana
Penanaman Modal Asing 100% dari Yakult Jepang. Awalnya pabrik Yakult berada di
Jakarta. Akan tetapi karena jumlah air bersih semakin sulit di Jakarta maka
pabrik ini dipindahkan ke Sukabumi. Lokasi pabrik Yakult ini berada di Desa
Pewawahan Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, dengan luas tahan 50.000 m2 dan luas
bangunan 12.925 m2. Kapasitas produksi PT.Yakult adalah 3.300.000 botol/hari.
Kapasitas produksi yang dilakukan tergantung permintaan pasar. PT.Yakult mulai
menerima kunjungan pabrik sejak tahun
1992. Pengunjung PT.Yakult ini biasanya dari SMP, SMA, Universitas, dan
umum
2.
Proses
Produksi
Proses
produksi menurut pembagian yang macam-macam digolongkan menjadi 4 golongan:
Sifat
Produk
Tipe
proses produksi
Berdasarkan
manfaat yang diciptakan
Teknik
proses produksi
Dalam
hal ini saya akan menganalisa berdasarkan tipe dan teknik proses produksi dalam
suatu perusahaan.
Tipe
proses produksi ditinjau dari arus bahan mentah menjadi barang jadi dapat di
bagi menjadi 2 tipe yaitu :
Tipe
Proses Poduksi Terus-menerus (Continuous Process)
Tipe
Proses Produksi Terputus-putus (Intermitent)
Teknik
Proses Produksi ada beberapa macam yaitu
:
Proses
Ekstraktif
Proses
Analitis
Proses
Fabrikasi
Proses
Sintesis
Proses
Assembling
3.
Produk
Yakult
Original dan Yakult Ace
4.
Pemasaran
Pemasaran
Yakult di indonesia dimulai dengan didirikannya perusahaan PT. Yakult Indonesia
Persada pada tanggal 2 Februari 1990 yang merupakan usaha patungan dengan
status Penanaman Modal Asing (PMA) antara PT. Perkasa Simpati Persada dan
Yakult Honsha Co.Ltd. (Jepang).
Secara
komersial Yakult mulai diproduksi pada tanggal 1 Januari 1991 dari pabrik di
Jl. Kiwi Pekayon Pasar Rebo Jakarta. Pada tahun 1997 lokasi pabrik di Pasar Rebo
yang berkapasitas 720.000 botol per hari dipindahkan ke Desa Pesawahan,
Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dan kapasitas produksi ditingkatkan menjadi
1.800.000 botol per hari.
Pada
bulan Desember 2001 PT. Yakult Indonesia Persada menjadi PMA murni dengan
permodalan dari Yakult Honsha Co. Ltd dan Yakult Management Service Co.Ltd di
Jepang.
Produk
minuman kesehatan Yakult sangat sensitif terhadap temperatur. Perubahan
temperatur sangat berpengaruh terhadap bakteri Lactobacillus casei Shirota
strain yang terdapat dalam minuman Yakult. Bakteri Yakult harus dipertahankan
hidup, karenanya harus diusahakan agar setelah dibotolkan, bakteri-bakteri
tersebut tidak lagi melakukan proses fermentasinya. Untuk itu Yakult harus
selalu disimpan didalam pendingin (dibawah 10°C) karena penyimpanan didalam
pendingin akan menjaga bakteri Yakult tetap non aktif. Berkenaan dengan itu
untuk menjaga mutunya, distribusi Yakult ditangani langsung oleh staff
perusahaan.
Sistem
pemasaran Yakult terdiri dari 2 jenis :
1.
Sistem Direct Sales
Sistem
ini digunakan untuk mendistribusikan Yakult ke toko-toko, supermarket,
koperasi, kantin dan lain-lain. Distribusi dilakukan menggunakan mobil
berpendingin. Sampai Mei 2007, PT. Yakult Indonesia Persada mempunyai 37 (
tigapuluh tujuh ) cabang atau TKU ( tempat kegiatan usaha ) yang melayani
outlet-outlet yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan & Sulawesi.
2.
Sistem Yakult Lady
Melalui
sistem ini Yakult didistribusikan oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat
di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady
juga melakukan propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat
Yakult. Saat ini PT. Yakult Indonesia Persada memiliki kurang lebih 1100 Yakult
Lady yang tersebar di 93 center-center di seluruh Jakarta, Bogor, Depok,
Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Cirebon, Semarang,
Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Palembang.
5.
Hasil
kunjungan Industri
Saat
ini, yakult diproduksi dan dijual di Jepang, Australia, Asia, Amerika dan Eropa
walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.Indonesia merupakan salah satu
negara di Asia yang bernaung dalam mitra perusahaan yakult di Jepang. Di
Indonesia sendiri yakult telah memiliki lebih dari 30 kantor pusat distribusi.
PT Yakult Indone-sia merupakan perusahaan yang bersifat make to order(MTO) dimana perusahaan
memproduksi (membuat) dengan fasilitas produksi yang dimiliki untuk memenuhi
sesuai pesanan atau order (forecast).Hal ini disebabkan karena minuman yakult
sendiri hanya bertahan 40 hari saja sehingga harus diusahakan supaya dikonsumsi
secepatnya oleh konsumen. Apalagi, kapasitas produksi minuman yakult mencapai
1,8 juta botol/ hari yang memungkinkan terpenuhinya permintaan sehingga
termasuk dalam produksi masal.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kunjungan
Industri yangdilakukan ke PT. Yakult Indonesia Persada menjelaskan bagaimana
perusahaan itu berdiri, berkembang dan mengenalkan cara-cara produksi yang
dilakukan hingga pemasaran dan distribusi. Yakult merupakan minuman susu
fermentasi pertama dengan kandungan probiotik serta memiliki beberapa manfaat
bagi tubuh. Bahan-bahan dasar pembuatan yakult adalah susu skim, bakteri
lactobacillus casei shirota, gula dll. Botol yakult dibuat dengan jenis plastik
polistiren yang food grade (layak untuk mengemas makanan) karena dipercaya akan
meminimalisir migrasi kepada produk. Untuk penyimpanan, yakult haruslah
disimpan dalam keadaan dingin karena untuk menjaga fungsi dari bakteri
lactobascillus shirota agar berfungsi semaksimal mungkin. Pendistribusian
yakult dapat melalui dua tahap, pertama dengan menggunakan mobil box yang
terdapat cooler box kepada supermarket-supermarket dan satu lagi dengan adanya
yaklut ladies yang mengantarkan produk yakult dari satu rumah ke rumah lain.
Manfaat meminum Yakult, dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita
memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota
strain hidup kedalam usus kita. Usus kita memainkan peran yang penting dalam
kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang
terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus.
B.
Saran
Saran
untuk Kunjungan Industri yang dilakukan berikutnya yaitu pihak perusahaan
sebaiknya lebih menyampaikan informasi secara komukatif dan berusaha berbaur
dengan pengunjung agar supaya pengunjung bisa merasakan keikut-sertaanya dalam
pemrosesan produksi.
Komentar
Posting Komentar